Selasa, 25 Desember 2012

Oast dan Rye



Olahan Oats dan Rye

Serealia yang biasa dijadikan bahan baku aneka produk olahan antara lain gandum, oat, barley, jagung, rye, quinoa dan brown rice. Untuk mengolah menjadi produk pangan, serealia utuh tersebut harus ditepungkan terlebih dahulu. Umumnya hasil tepung akan berwarna agak kecoklatan dan bertekstur lebih kasar dibandingkan dengan tepung dari refined grain.
Jenis-jenis produk olahan yang dapat diproses dari tepung serealia utuh antara lain produk bakery, pasta, vermicelli, biskuit, cracker, sereal sarapan, pop corn, dan tortillas. Masalah yang ditemui biasanya adalah dari segi sensori dimana produk akan terasa lebih kasar saat dikonsumsi. Selain itu, penanganan produk saat pengolahan, distribusi, dan penyimpanan pun lebih kompleks karena kandungan minyaknya masih cukup tinggi dan berpotensi menimbulkan ketengikan.

Olahan dari oats, seperti         :
-          roti gandum
-          biscuit
-          roti
-          pasta
-          nasi merah
-          Bubur
-          Cookies


Pada saat ini, produk-produk olahan oat dinyatakan berguna dalam membantu menurunkan kolesterol, jika diikuti dengan pola makan rendah lemak yang seimbang.

Tepung Rye / rye Flour
Rye  (Secale cereal ) adalah salah satu jenis serealia yang mungkin masih sangatasing. Serealia ini memang kurang populer di Indonesia, tetapi sangat populer di EropaTimur dan Eropa Utara.
Rye 
diduga pertama kali ditanam di Turki. Pada abadpertengahan, serealia ini mulai ditanam di Eropa. Gandum dan
rye 
memiliki kemiripantetapi,
rye 
berisi dinding sel lebih dalam endosperm dan memiliki serat pangan yang tinggi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar